Pendidikan P5BK Memacu Peserta Didik Lebih Tangguh Menghadapi Tantangan Abad 21
Mengutip dari Filosofi
Pendidikan “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten,
berkarakter dan berperilaku sesuai dengan nilai Pancasila”. Guna
mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat. mandiri dan berkepribadian
melalui terciptanya Profil Pelajar Pancasila.
SMKN 1 TARANO Sumbawa “
Ukir Prestasi Tiada Henti” melakukan gerak cepat dengan mensosialisasilan P5BK
pada tanggal 5 Oktober 2021 bertempat di Aula SMKN 1 TARANO. Dengan menerapkan
6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila diantaranya Beriman, Bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa, Berkebinekaan Global, Bergotongroyong, Mandiri, Bernalar Kritis
dan Kreatif. Dimensi 1 PPP, Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan
Berakhlak Mulia, terdiri dari 5 komponen yaitu Akhlak Beragama,
Akhlak Pribadi, Akhlak Kepada Manusia, Akhlak kepada Alam, Akhlak
bernegara, Dimensi 2 PPP, Berkebinekaan Global terdiri dari 3
komponen yaitu Mengenal dan menghargai budaya, Kemampuan Komunikasi
Intercultural dalam berinteraksi dengan sesama, Refleksi dan tanggungjawab
terhadap pengalaman kebhinekaan, Dimensi 3 PPP, Gotong Royong terdiri dari 3
komponen yaitu Kolaborasi, Kepedulian, Berbagi ;Dimensi 4 PPP, Mandiri,terdiri
dari 2 komponen yaitu Kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi, Regulasi
Diri; Dimensi 5 PPP, Bernalar Kritis terdiri dari 4 komponen yaitu
Memperoleh dan Memproses informasi dan Gagasan, Menganalisis dan mengevaluasi
penalaran, Merefleksikan pemikiran dan proses berpikir, Mengambil Keputusan dan
Dimensi 6 PPP, Kreatif terdiri dari 2 komponen yaitu Menghasilkan Gagasan yang
Orisional, Menghasilkan Karya dan Tindakan yang Orisinal.
Penanaman dimensi-dimensi
Profil Pelajar Pancasila akan dilakukan melalui projek yang mengacu pada
tema-tema isu prioritas pada peta jalan Pendidikan Nasional 2020-2035 dan
kebutuhan dunia kerja. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah
pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi
terhadap permasalahan dilingkungan sekitar melalui projek.
Dengan tetap menerapkan prinsip
pengembangan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan budaya kerja antara
lain: berpusat pada peserta didik, holistic, kontekstual, eksploratif, dengan
tujuan P5BK antara lain selain menanmkan karakter Profil Pelajar Pancasila juga
memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak
normal,struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif,
dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai
kompetensi.
Adapun tema P5BK antara
lain: Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Bhinneka Tunggal Ika, Bangunlah
Jiwa dan Raganya,Suara Demokrasi,Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun
NKRI, Kewirausahaan,Kebekerjaan dan Budaya Kerja.
Dalam Sosialisasi P5BK
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum faturahman S.Ip dan Koordinator
P5BK Teja Sofyan.Spd menjelaskan tentang assesmen individual
peserta didik yaitu assesmen berupa catatan deskriptif, catatan
proses cukup satu paragraph singkat, menggambarkan proses yang saling
berkembang dan proses yang masih mendapatkan perhatian, hal lain yang
dijelaskan oleh Tim P5BK adalah rubrik penilaian membangun mimpi, vision dan
passion peserta didik SMK mencakup dimensi Mandiri dan bernalar kritis dengan
kriteria belum berkembang (<30%), Mulai berkembang (30->60%),Berkembang
sesuai harapan (60%-<90%) dan Sangat Berkembang >90%), Dimensi Kreatif
dengan kriteria Belum berkembang (satu ide), Mulai Berkembang (beberapa ide),
Berkembang sesuai harapan (banyak ide dan bisa mengembangkan satu ide), Sangat Berkembang
(ide yang berbeda), juga Lembar Refleksi membangun mimpi, vision dan passion
peserta didik. Adapun contoh proyek budaya kerja misalnya Penerapan 5R.
Label: By: Afif Algifari S2 Manajen Inovasi UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA(UTS)
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda